BBRI Siap Tambah Modal Inti AGRO

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (IDX: BBRI) selaku pemegang 85,72 persen saham akan melaksanakan haknya dalam Penambahan Penambahan Modal Dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) atau right issue PT Bank Raya Indonesia Tbk (IDX: AGRO).

Dengan demikian, AGRO telah mendapat 85,72 persen dari total nilai right issue.

Mengutip prospektus right issue AGRO pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (5/10/2022) bahwa akan ada pembeli siaga dalam aksi korporasi ini, tapi namanya akan diumumkan kemudian.

AGRO berharap, OJK menerbitkan pernyataan efektif penerbitan saham baru pada tanggal 15 November 2022.

Jika demikian, setiap pemegang AGRO pada penutupan bursa tanggal 25 November 2022 mendapatkan HMETD dengan rasio ditentukan kemudian.

Selanjutnya, pemegang HMETD itu dapat menjualnya atau menebus dengan harga pelaksanaan ditentukan kemudian mulai tanggal 29 November hingga 5 Desember 2022.

Dalam PMHMTED X ini, AGRO akan melakukan dengan melepas sebanyak 3,5 miliar saham baru bernominal Rp100 per lembar saham.

Jumlah saham yang dilepas setara dengan 15,39 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Rencananya, dana hasil aksi korporasi ini, untuk penguatan modal terutama pengembangan bisnis dalam bentuk penyaluran kredit.

Hal ini sejalan dengan kewajiban pemenuhan modal inti oleh regulator perbankan.

“Perseroan juga berencana untuk melakukan implementasi teknologi untuk memperkuat infrastruktur digital, melakukan pengembangan digital talent, serta melakukan pengelolaan legacy business secara prudent,” tulis manajamen AGRO.