Wapres Minta Dukungan Bank Dunia Turunkan Stunting

Foto : dok Setwapres

Pasardana.id - Wakil Presiden, Ma'ruf Amin meminta dukungan kepada lembaga internasional dalam upaya menurunkan stunting.

Saat menerima delegasi Bank Dunia (World Bank) di Istana Wakil Presiden, Wapres Ma'ruf menyampaikan, pemerintah menargetkan pada tahun 2024, stunting di Indonesia berkurang setidaknya 14 persen.

Sedangkan, untuk tahun ini, target penurunan stunting mencapai 5 persen.

"Kami masih sangat memerlukan adanya kerja sama kemitraan dengan lembaga-lembaga internasional, dengan Bank Dunia, dengan UNDP (United Nations Development Programme), FAO (Food Agriculture Organization) untuk bisa menanggulangi penurunan stunting," ujar Ma'ruf,  Rabu (26/10/2022).  

Lebih lanjut Wapres juga mengapresiasi atas bantuan serta dukungan yang selama ini diberikan Bank Dunia terhadap program percepatan penurunan angka stunting di Indonesia.

“Terima kasih Bank Dunia selama ini sudah ikut memberikan dukungan, dan memang kita sangat memerlukan adanya dukungan lembaga-lembaga internasional,” kata dia.

Sementara itu, Vice President for Human Development at The World Bank, Mamta Murthi mengatakan, pihaknya siap memberikan dukungan pendanaan penuh kepada program percepatan penurunan angka stunting di Indonesia.

“Kami akan melanjutkan dukungan untuk memberikan tambahan pendanaan dan akan memperluas dukungan pembiayaan,” ucap Mamta.

Selain itu, Bank Dunia juga akan terus melanjutkan kerja sama dengan Kementerian/Lembaga terkait, serta mengupayakan ketersediaan dana dukungan percepatan penurunan angka stunting dalam kurun waktu 6-12 bulan mendatang.