Wapres Sebut Keberadaan BLK Dorong Daya Saing Pekerja Indonesia Makin Tinggi

Foto : istimewa

Pasardana.id - Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin mengatakan, keberadaan Balai Latihan Kerja (BLK) mendorong daya saing pekerja Indonesia semakin tinggi, sesuai kebutuhan pasar kerja dan industri.

Hal tersebut diungkapkan, saat meresmikan 785 Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas 2021 di Pesantren Induk Lirboyo Kediri, Jawa Timur, Minggu (23/10).

Dalam kesempatan tersebut, Wapres meminta seluruh BLK Komunitas di Indonesia semakin berfungsi efektif dalam meningkatkan kompetensi, produktivitas, kemandirian, dan daya saing pekerja Indonesia, ke depan.

"Bantu para siswa pelatihan di BLK ini untuk memahami dan memiliki keahlian apa saja yang dibutuhkan dunia kerja saat ini dan masa depan," ujarnya.

Wapres menerangkan, salah satu keahlian yang dibutuhkan saat ini adalah kemampuan untuk terus belajar dan beradaptasi karena perubahan terjadi sangat cepat dan terus-menerus.  

Terlebih, di era teknologi ini kesuksesan, bukan lagi tentang apa yang sudah dikuasai, melainkan bagaimana SDM Indonesia terus bisa memperbaharui pengetahuan dan keahliannya untuk merespons aneka tantangan baru.

"Saya kira, selain penguasaan teknologi informasi, bahasa Inggris, kewirausahaan, ajarkan juga soft skill, seperti kepemimpinan, adaptasi, komunikasi, dan pemecahan masalah. Semuanya itu saya harapkan akan menjadi modal yang sangat berharga bagi SDM Indonesia untuk memenangkan masa depan," ujar Wapres.

Dengan diresmikannya 785 Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas 2021, maka tercatat jumlah BLK Komunitas yang telah dibangun sejak 2017-2021 mencapai 2.912 lembaga.

Sebagai informasi, pada kesempatan ini, selain dilakukan peresmian BLK Komunitas 2021 juga mengadakan program Santri Fest yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi santri dalam rangka menyambut tantangan pekerjaan masa depan.