Jokowi Kembali Ingatkan Ancaman Badai Ekonomi Global

Foto : istimewa

Pasardana.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengingatkan soal ancaman badai ekonomi global yang akan datang.

Untuk itu, dirinya meminta jajaran menteri melakukan stress test untuk menguji ketahanan Indonesia jika ‘badai hebat’ datang, yakni ancaman perekonomian, energi, hingga pangan.

Hal tersebut disampaikan oleh Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara.

Dia memerintahkan para menteri untuk menyiapkan langkah antisipasi dampak situasi global terhadap perekonomian nasional.

Menurutnya, situasi ekonomi global akan memburuk pada tahun depan akibat berbagai faktor.

Oleh karena itu, para menteri harus menyiapkan dan menguji berbagai rencana agar kondisi buruk tidak berdampak besar bagi Indonesia.

“Nanti beberapa menteri dan menko akan saya ajak untuk berbicara yang berkaitan dengan stress test, sampai seberapa jauh kekuatan kita kalau badainya itu datang,” ujar Jokowi dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet, Rabu (12/10).

Stress test itu, kata Jokowi, akan berkaitan dengan nilai tukar, inflasi, dan pertumbuhan ekonomi.

Lalu, para menteri pun harus menguji ketahanan pangan dan energi, jika gejolak global semakin riuh.

“Semuanya harus kita tes betul sampai plan A, plan B, plan C, plan D, semuanya harus ada, plan E, semuanya. Yang paling buruk, yang buruk, semuanya harus kita hitung semuanya, sehingga sekali lagi, situasi makin memburuk dan antisipasi dampak di domestik ini harus betul-betul disiapkan,” ujar Jokowi.

Dia pun meminta seluruh jajarannya untuk berhati-hati dalam mengambil kebijakan yang dapat memengaruhi perekonomian nasional.

Lebih lanjut Presiden Jokowi menekankan, agar hubungan antar kementerian/lembaga lebih kuat dalam menangani urusan perlambatan ekonomi dunia serta krisis pangan, energi, dan keuangan.