BEI Bakal Tambah Lagi Papan Perdagangan, Khusus 'Ekonomi Baru'

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Bursa Efek Indonesia (BEI) tengah mengembangkan infrastruktur papan perdagangan khusus untuk emiten-emiten yang tergolong jenis new economy atau ekonomi baru.

Rencana itu untuk memberi informasi kondisi emiten kepada pemodal dalam mengambil keputusan investasi.

Menurut Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna, papan New Economy ini ditujukan untuk mencatatkan saham-saham dari innovative company atau perusahaan padat teknologi yang memiliki pertumbuhan tinggi dan memiliki kemanfaatan sosial yang luas.

Papan itu, kata dia, juga dapat mencatatkan saham-saham perusahaan yang memiliki saham dengan Hak Suara Multipel (SHSM) dalam struktur permodalannya.

“Selain itu, Bursa akan menyematkan notasi khusus di kode saham Perusahaan Tercatat Papan New Economy,” kata dia kepada media, Jumat (7/1/2022).

Ia melanjutkan, persyaratan pencatatan Papan New Economy akan menggunakan persyaratan pencatatan yang sama dengan Papan Utama sehingga akan diposisikan setara dengan Papan Utama.

“Hal ini bertujuan agar Perusahaan Tercatat di Papan New Economy menjadi kompetitif di Pasar Modal dunia dan menarik bagi investor global,” pungkas dia.

Untuk diketahui, di BEI telah tersedia papan utama, papan pengembangan, papan akselerasi, dan tengah mengembangkan papan ekonomi baru serta papan pemantauan khusus.