Dukung Kolaborasi Startup dan Anak Muda, Erick Thohir Berencana Hadirkan BUMN Day

Foto : istimewa

Pasardana.id - Dalam rangka mengkolaborasikan perusahaan rintisan (startup) dan anak muda dengan BUMN, Menteri BUMN Erick Thohir berencana untuk menghadirkan BUMN Day.

"Ini yang kita harapkan kenapa nanti sekitar enam bulan lagi kita rencanakan juga ada yang namanya BUMN Day untuk startup. Jadi kita coba bagaimana ekosistem yang ada di BUMN ini atau didalam BUMN-nya juga harus bekerjasama dengan startup dan anak-anak muda yang kita harapkan," ujarnya dalam sebuah diskusi di Jakarta, Senin (17/1/2022).

Rencananya, kata Erick Thohir, BUMN Day untuk startup ini berbeda dengan Program Merah Putih Fund.

"Ini terlepas dari Merah Putih Fund. Beda lagi, kalau Merah Putih Fund itu sudah jelas dimana kita melakukan investasi kepada startup yang pendirinya orang Indonesia, beroperasi di Indonesia dan startup ini juga harus berkomitmen membesarkan dengan melakukan go public di Indonesia," bebernya.

Pria yang akrab disapa Chief Erick tersebut menambahkan, bahwa tantangan terkait hal ini memang tidak mudah.

Namun, menurutnya saat ini momentumnya sudah ada dan Indonesia harus mengambil peluang dari momentum tersebut.

Diketahui sebelumnya, Erick Thohir memastikan akan membangun ekosistem untuk pelaku startup yang ada di Indonesia dalam upaya untuk membuka peluang yang lebih besar lagi.

Dia mengatakan, pembangunan ekosistem untuk pelaku startup ini merupakan bukti nyata bahwa pemerintah hadir guna mendorong generasi muda menciptakan peluang.

Adapun bukti hadirnya pemerintah untuk pembangunan ekosistem startup ini, salah satunya adalah dengan meluncurkan Program Merah Putih Fund yang merupakan inisiasi dari Kementerian BUMN.

Sebagai informasi, Program Merah Putih Fund ini bertujuan untuk mengakselerasi startup lokal yang berpotensi menjadi unicorn.

Sementara, pemberian modal dan kolaborasi bisnis akan menjadi fokus dalam program tersebut untuk menghasilkan sinergi diberbagai sektor industri.