Lunasi Tagihan BBNI, PSAB Lego Tambang Gorontalo Rp2,13 Triliun

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - J Resources Nusantara (JRN), anak usaha PT J Resources Asia Pasifik Tbk (IDX: PSAB) telah menjual sebanyak 751.949.753 lembar saham atau setara 99,99 persen porsi saham pada PT Gorontalo Sejahtera Mining (GSM) senilai USD150 juta atau setara Rp2,132 triliun pada tanggal 29 Desember 2021.

Melansir keterangan resmi emiten tambang emas itu yang diunggah pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Sabtu (1/1/2022), disebutkan bahwa PT Andalan Bersama Investama menjadi pembeli saham tersebut.

“Andalan Bersama Investama bukan pihak terafiliasi dengan perseroan,” tulis manajemen PSAB.

Untuk diketahui, GSM memiliki beberapa blok pertambangan, yaitu blok Pani yang berlokasi di Gorontalo, blok Bolangitang yang berlokasi di Sulawesi Utara, dan blok Bulangidun yang berlokasi di Sulawesi Tengah dengan keseluruhan luas area sebesar 14.570 hektar.

Dalam keterangan itu juga dijelaskan, penjualan aset tambang itu buntut dari surat dari PT Bank Negara Indonesia Tbk (IDX: BBNI) yang berisi membatalkan jumlah komitmen Fasilitas Kredit B.

BBNI juga menyatakan bahwa seluruh pinjaman yang telah dilakukan penarikan, yaitu Fasilitas Kredit BNII A dan Fasilitas Kredit BNII B dengan jumlah pinjaman yang masih terutang pada tanggal 1 September 2021 sebesar USD 95,09 juta menjadi jatuh tempo dan harus segera dibayar sekaligus dan seketika.

Karena itu, perseroan, JRN dan Andalan Bersama Investama telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat yang dirampungkan pada tanggal 29 Desember 2021.