Beli Tambang di Gorontalo, Andalan Bersama Investama Lepas Saham Baru

foto : istimewa

Pasardana.id - PTAndalan Bersama Investama menerbitkkan saham baru guna mencaplok 99,9 persen porsi saham atau senilai Rp2,132 triliun PT Gorontalo Sejatera Mining, pemilik konsensi tambang blok Pani, Bolangitang, dan Bulangidun di pulau Sulawesi.

Hal itu terungkap dalam keterangan resmi PT Merdeka Copper Gold Tbk (IDX: MDKA) pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Sabtu (01/1/2022).

Dalam keterangan itu disebutkan, MDKA pada tanggal 28 Desember 2021 telah menandatangani perjanjian pengambilalihan saham bersyarat atas saham-saham baru yang terbitkan oleh Andalan Bersama Investama.

Usai penyerapan saham baru itu, MDKA akan menguasai 50,01 persen porsi saham Andalan Bersama Investama dari modal ditempatkan dan disetor penuh senilai Rp1,143 triliun.

“Berdasarkan informasi yang diterima perseroan, pada tanggal 29 Desember 2021, ABI telah melakukan pengambilalihan saham di PT Gorontalo Sejahtera Mining (GSM), pertambangan emas dengan Kontrak Karya dan berlokasi di Gorontalo,” tulis manajemen MDKA.

Jika penyerapan saham baru itu rampung, MDKA dapt mengembangkan kegiatan usahanya di bidang pertambangan dalam rangka mengembangkan potensi Izin Usaha Pertambangan milik PT Puncak Emas Tani Sejahtera, salah satu anak usaha Perseroan, dengan Kontrak Karya milik GSM.

Dampak berikutnya, meningkatkan laba dan kinerja keuangan di masa yang akan datang dan selanjutnya dapat memberikan nilai tambah bagi pemegang saham Perseroan.

Patut dicatat, Andalan Bersama Investama terafiliasi dengan PT Providen Capital Indonesia, selaku pengendali MDKA.