30 Calon Emiten Incar Dana Senilai Total Rp9,6 Triliun Dari IPO

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Minat entitas bisnis menggalang dana melalui penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) cukup besar.

Hal itu terlihat dari data Bursa Efek Indonesia (BEI), dimana hingga 3 September 2021, terdapat 30 perusahaan yang berecana menjadi perusahaan tercatat  di Bursa, dengan total dana yang direncanakan untuk dihimpun sebesar Rp9,6 triliun. 

Menurut Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna, banyak perusahaan masih antusias untuk melakukan pendanaan di pasar modal.

Hal tersebut dapat dilihat dari perusahaan-perusahaan yang telah masuk dalam daftar calon emiten.

“Jumlahnya masih banyak. Dalam beberapa hari terakhir, kami juga masih menerima permohonan pencatatan saham. Antusiasme dan optimisme terhadap pasar modal dinilai masih terjaga baik, didorong oleh stabilitas nasional dan pemulihan ekonomi yang masih berlanjut di tahun 2021,” papar dia kepada media, Selasa (07/9/2021).

Ia juga optimis, penawaran umum saham akan terus bertumbuh dengan baik dan akan disambut baik oleh investor. Terlebih jumlah investor sampai dengan 31 Juli 2021 mencapai 5,8 juta atau meningkat 48,7 persen dibandingkan Desember 2020 yang masih berjumlah 3,9 juta investor.

Pada sisi lain, lanjut dia, pada tahun 2021 ini, proses penawaran umum saham telah dilakukan melalui sistem e-IPO atau electronic Indonesia Public Offering.

Dengan adanya sistem e-IPO sebagai sarana elektronik yang mendukung proses penawaran umum saham, diharapkan dapat memberikan akses yang lebih luas dan mudah dijangkau, khususnya bagi investor retail.

“Hal ini diharapkan juga turut mendukung pertumbuhan jumlah investor di pasar modal Indonesia dan memberikan optimisme pertumbuhan pasar modal Indonesia pada tahun-tahun mendatang,” papar dia.