ANALIS MARKET (20/9/2021) : IHSG Berpeluang Menguat Kembali

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian Kiwoom Sekuritas menyebutkan, diperdagangan Jumat (17/9) lalu, IHSG naik 0,63% di level 6.133.

Sementara itu, beberapa sentimen yang mungkin mempengaruhi pergerakan indeks minggu ini, dari rapat RDG Bank Indonesia dan FOMC.

Dari komoditas, harga minyak mentah naik lagi minggu lalu meskipun ditutup lebih rendah pada akhir pekan (17/9). Kondisi ini akibat banyaknya perusahaan energi di Amerika Serikat (AS) belum memulai kembali produksi setelah dua badai berturut-turut melanda wilayah Teluk Meksiko.

Sedangkan harga emas melemah untuk minggu kedua karena investor fokus pada strategi tapering yang akan dilakukan Federal Reserve tahun ini. Bahkan, di akhir pekan, harga emas spot berhasil naik sedikit.

Adapun secara teknikal analis, IHSG ditutup menguat dengan candle bullish. Indikator stochastic yang bullish berada di area jenuh beli, MACD histogram bergerak positif (garis datar) dan volume meningkat.

“Jika IHSG kembali bergerak bullish, ada peluang untuk menguat kembali hingga ke resistance di kisaran 6.159 – 6.179. Jika IHSG bergerak bearish, IHSG bisa turun ke support di kisaran 6.086 – 6.102,” sebut analis Kiwoom Sekuritas dalam riset yang dirilis Senin (20/9/2021).