Bayar Utang, Induk Usaha Serap Private Placement 995 Juta Lembar RISE

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Jaya Sukses Makmur Sentosa Tbk (IDX: RISE) akan melaksanaan Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) atau private placemet dengan melepas sebanyak 995 juta lembar saham bernominal Rp100 per saham.

Melansir keterangan resmi emiten properti yang diunggah pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (31/8/2021) bahwa porsi saham yang dilepas itu setara 10 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Rencananya, saham private placement itu akan diserap oleh induk usaha RISE, PT Tancorp Global Sentosa (TGS). Sehingga Tancorp Global Sentosa akan menguasai 86,3 persen dari kondisi saat ini yang sebanyak 84,92 persen porsi saham RISE.

Adapun pelaksanaan aksi korporasi ini akan digelar dalam rentang dua tahun sejak persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang berlangsung pada tanggal 7 Oktober 2021.

Selanjutnya, dana hasil private placement itu akan digunakan untuk membayar pinjaman RISE serta anak usaha. Selain itu, dana private placement itu akan digunakan untuk mendukung kegiatan usaha.

Jika mengacu pada laporan keuangan RISE per 30 Juni 2021, tercatat utang bank jangka pendek sebesar Rp136,22 miliar. Ditambah, utang bank jangka panjang yang akan jatuh tempo sebesar Rp21,653 miliar. Selain itu, RISE masih mencatatkan utang bank jangka panjang senilai Rp176,32 miliar.