Harga Komoditas Melambung, HOPE Kebanjiran Pesanan

foto : dok. HOPE

Pasardana.id - PT Harapan Duta Pertiwi Tbk (IDX: HOPE) melaporkan, telah terjadi peningkataan pesanan perakitan rangka kendaraaan angkut, sebagai dampak kenaikan harga komoditas seperti harga batu bara di pasar dunia.

Direktur utama HOPE, Kevin Jong mengatakan, kenaikan harga komoditas belakangan ini, khususnya harga batu bara membuat pesanan karoseri kendaraan kepada perseroan meningkat tajam.

Harga batu bara di pasar ICE Newcastle (Australia) tercatat sempat menyentuh USD 169,75/ton pada 16 Agustus 2021.

Menurut Kevin, dalam tiga bulan terakhir, pemesanan perakitan rangka kendaraan mulai meningkat. Permintaan berasal dari sektor logistik dan pertambangan.

“Sektor-sektor itu yang menopang kinerja kami. Saat ini, nilai order penjualan yang sudah kami terima cukup banyak,” tutur dia kepada media, Senin (30/8/2021).

Melihat kondisi itu, tambahnya, HOPE optimistis hingga akhir tahun 2021, penjualan akan terdongkrak dan lebih besar dibandingkan 2020.

Tahun 2020, jelas Kevin, sektor karoseri terpukul sejak adanya pandemi Covid-19 yang di Indonesia muncul sejak Maret 2020.

Permintaan karoseri anjlok terutama sejak adanya pembatasan pergerakan orang guna menghambat penyebaran Covid-19.

Indonesia sempat menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada 2020. Lalu, menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada 2021. PPKM itu mencakup juga PPKM Darurat dan PPKM berdasarkan level, yakni level 1 hingga 4.

“Saat ini, bila PPKM selesai dan vaksinasi Covid-19 berjalan cukup baik sesuai target pemerintah, ekonomi akan bangkit,” papar Kevin.

Untuk diketahui, HOPE merakit truk jungkit, tangki air, tangki crude palm oil (CPO) dan bahan bakar minyak (BBM). Lalu, tangki hi-blow, cement mixer, wing box, dan box besi untuk transporter logistik.

Selain itu, trailer untuk mengangkut kontainer, self-loader untuk mengangkut alat berat dan berbagai produk high engineering lainnya.