Fitch Rating Indonesia Mengafirmasi Peringkat KB Bukopin AAA

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Fitch Rating Indonesia (Fitch) memberikan afirmasi atas peringkat yang dimiliki PT Bank KB Bukopin Tbk (KB Bukopin, IDX: BBKP) saat ini yaitu AAA(idn).

President Director Bank Bukopin, Chang Su Choi menyatakan bahwa kepemilikan mayoritas KB Kookmin Bank terhadap Perseroan semakin meningkatkan kepercayaan publik termasuk Lembaga Pemeringkat, Fitch dan Pefindo.

“Solidnya dukungan pemegang saham pengendali adalah hal penting bagi bank, termasuk bagi KB Bukopin agar dapat mengembangkan usaha dengan berkelanjutan. Pengendalian bank yang baik merupakan bentuk tanggung jawab pada masyarakat, bahwa kestabilan perbankan selalu dijaga,” ujar Chang, dalam siaran pers, Selasa (6/7).

Sebelumnya pada Oktober 2020, Fitch memperbarui peringkat Perseroan dari AA-(idn) menjadi AAA(idn), pasca selesainya transaksi peningkatan modal yang dilakukan berurutan pada Juli dan September 2020, oleh pemegang saham pengendali, KB Kookmin Bank.

Mengutip siaran pers Fitch Ratings, peringkat AAA(idn) yang dimiliki Perseroan saat ini menunjukkan peringkat tertinggi yang diberikan oleh Fitch untuk skala peringkat Nasional untuk negara tersebut.

Peringkat ini diberikan untuk penerbit atau obligasi dengan ekspektasi risiko gagal bayar paling rendah relatif terhadap semua penerbit atau obligasi di negara atau kesatuan moneter yang sama.

Di sisi lain Fitch juga menyatakan bahwa Peringkat Nasional Jangka Panjang KB Bukopin mencerminkan ekspektasi Fitch bahwa Perseroan saat ini memiliki induk yang kuat, yaitu KB Kookmin Bank yang memiliki kecenderungan tinggi untuk memberikan dukungan terhadap Perseroan.

KB Kookmin Bank telah mendukung arah bisnis dan fundamental Perseroan sejak bergabung pertama kali di tahun 2018 sebagai pemegang saham terbesar kedua.

Sebelumnya, Pefindo selaku Pemeringkat Efek Nasional lainnya juga telah memberikan rating serupa kepada Perseroan.

Pada 10 Juni 2021 Pefindo menaikkan peringkat KB Bukopin menjadi idAAA dari sebelumnya berada pada idAA.

Sama halnya dengan Fitch, Pefindo juga menilai dukungan yang solid dari pemegang saham, terutama KB Koomin Bank menjadikan Perseroan memiliki prospek dan outlook stabil di skala Nasional.

Memanfaatkan momentum tersebut, Chang Su Choi juga menyampaikan ambisinya untuk menjadikan Perseroan
bertansformasi menjadi bank terdepan di Indonesia yang mampu memberikan pelayanan yang mudah dan nyaman sekaligus menjadi bank terdepan dalam digital banking.

"Akses informasi dan transaksi yang cepat, mudah dan sederhana, adalah kunci dari pelayanan kami, termasuk menjadi prinsip pengembangan digital banking KB Bukopin, mengadopsi prinsip yang sama di KB Kookmin Bank. Saat ini kami melanjutkan penguatan teknologi informasi di KB Bukopin sehingga diharapkan segera memberi value yang terbaik bagi nasabah dan masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Chang Su Choi, yang pernah menjabat sebagai Komisaris sebelum kemudian ditunjuk menjadi Direktur Utama pada RUPS 17 Juni 2021 mengatakan, peringkat tertinggi tersebut akan memungkinkan KB Bukopin untuk menanamkan kepercayaan yang lebih kuat di pasar, baik bagi investor, nasabah dan masyarakat luas.

"Kami tetap melanjutkan strategi pertumbuhan dengan komitmen kuat berdasarkan kepercayaan ini. Kami juga berharap untuk dapat memperoleh dana segar dari pasar modal dengan kondisi yang lebih kondusif melalui penerbitan obligasi dalam waktu dekat ini,” jelasnya.