Pasar Tenaga Kerja TIongkok Kembali ke Level Sebelum Pandemi

foto: istimewa

Pasardana.id - Pasar tenaga kerja Tiongkok telah kembali ke level sebelum berlangsungnya pandemi virus Corona (COVID-19) berkat terus berlangsungnya proses pemulihan ekonomi.

Seperti dilansir Xinhua, Kamis (22/7/2021), penambahan lapangan kerja urban mencapai 6,98 juta pekerjaan pada semester pertama 2021, mencapai 63,5 persen target tahunan. Jumlah tersebut meningkat 1,34 juta pekerjaan dari semester pertama 2020.

Seiring membaiknya aktivitas bisnis, berbagai perusahaan memutuskan untuk menambah jumlah karyawan.

“Industri katering mengalami pertumbuhan yang baik pada semester pertama tahun ini. Kami akan membuka tujuh sampai delapan restoran di semester kedua 2021 sehingga membutuhkan banyak karyawan baru,” kata Xiao Saifeng, direktur pemasaran sebuah perusahaan katering di Changsha, Hunan.

Tingkat pengangguran urban turun menjadi 5 persen pada Juni dari sebelumnya 5,5 persen pada Februari lalu. Angka tersebut sama dengan tingkat pengangguran urban Juni 2019, sebelum berlangsungnya pandemi.

Untuk meningkatkan peluang mendapatkan pekejraan, pemerintah Tiongkok meluncurkan kampanye rekrutmen online. Event spesial diadakan dengan menawarkan 200.000 pekerjaan dari 17.000 perusahaan.