Cari Investor, BCAP Tawarkan 4,26 Miliar Saham Baru

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT MNC Kapital Indonesia Tbk (IDX: BCAP) akan melakukan Penambahan Modal Dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) atau right issue, dengan melepas sebanyak 4.261.885.092 lembar saham baru bernominal Rp100 per lembar saham.

Melansir keterangan resmi emiten induk usaha jasa keuangan grup MNC ini yang diunggah pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (21/7/2021) bahwa jumlah saham yang ditawarkan itu setara dengan 10 persen dari total saham ditempatkan dan disetor penuh.

Rencananya, right issue ini akan dilaksanakan dalam rentang dua tahun sejak persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada tanggal 27 Agustus 2021.

“Perseroan dapat mengundang investor-investor strategis yang berminat menginvestasikan modalnya dalam Perseroan dan dapat memberikan nilai tambah bagi kinerja BCAP,” tulis manajemen BCAP.

Selanjutnya, seluruh dana hasil right issue itu akan digunakan untuk pengembangan digital financial services Perseroan dan entitas anak.

Hanya saja, bagi pemegang saham perseroan akan mengalami penurunan (dilusi) kepemilikan saham secara proporsional sesuai dengan jumlah saham baru yang dikeluarkan yaitu sebanyak-banyaknya 9,09 persen.

Tapi, dilusi yang akan dialami oleh pemegang saham saat ini relatif kecil dan dilusi terjadi pada harga pasar sehingga tidak merugikan pemegang saham saat ini.