Harga Minyak Dunia Turun Tiga Sesi Beruntun

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia turun untuk sesi ketiga beruntun pada Jumat (16/7/2021) seiring mencuatnya kekhawatiran pasokan berlebih.

Seperti dilansir Reuters, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Agustus 2021 turun 35 sen menjadi US$71,30 per barel di New York Mercantile Exchange.

Harga minyak mentah Brent untuk pengiriman September 2021 merosot 36 sen menjadi US$73,10 per barel di London ICE Futures Exchange.

Dalam sepekan terakhir, harga minyak WTI dan Brent masing-masing turun 4 persen dan 3,2 persen.

Kekhawatiran pasokan berlebih mencuat usa Arab Saudi dan Uni Emirat Arab mencapai kesepakatan yang memungkinkan UEA untuk meningkatkan produksi. Langkah ini menjadi langkah awal tercapainya kesepakatan bagi OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries) dan negara-negara produsen minyak mentah lainnya yang tergabung dalam OPEC+.

Harga minyak dunia juga terpengaruh laporan yang dirilis Energy Information Administration yang menyebutkan bahwa persediaan bahan bakar minyak (BBM) Amerika Serikat naik 1 juta barel pekan lalu. Para analis sebelumnya memperkirakan persediaan BBM AS turun 2 juta barel.