DPR Dukung Penuh Kemensos Percepat Perbaikan DTKS

Foto : istimewa

Pasardana.id - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) lewat Komisi VIII mendukung upaya percepatan dan perbaikan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang dilakukan oleh Kementerian Sosial RI.

Hal itu terungkap dalam Rapat kerja Komisi VIII DPR RI dengan Menteri Sosial (Mensos) dengan agenda Pembahasan Data Kemiskinan Terbaru Kemensos RI di Wisma Sekretariat DPR RI, Cisarua, Bogor, Senin (7/6/2021) malam.

Setidaknya ada empat kesimpulan yang didapatkan dalam raker dengan kesimpulkan sebagai berikut;

Pertama, Komisi VIII DPR RI bisa memahami bahwa penjelasan Risma mengenai data penerima manfaat yang masuk dalam DTKS bertujuan agar tidak ada lagi bantuan yang tumpang tindih.

Kedua, Komisi VIII DPR RI mendukung Risma dalam merapikan dan memastikan bahwa DTKS yang baru banar-benar valid dan menjadi rujukan bagi semua penyaluran program bansos agar tepat sasaran.

Ketiga, Komiisi VIII DPR RI meminta Mensos untuk selalu menginformasikan dan mengkoordinasikan mengenai perkembangan verifikasi dan validasi DTKS yang baru kepada Komisi VIII DPR RI.

Keempat, Komisi VIII DPR RI meminta Mensos untuk menyususn peraturan dan pedoman tentang mekanisme verifikasi dan validasi data dari masyarakat.

Sebelumnya, per 1 April 2021, Kementerian Sosial (Kemensos) meluncurkan New Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang sudah dipadankan dengan NIK, yang dikelola Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Saat ini, ada sebanyak 21.156 juta data ‘ditidurkan’, yang sudah dilakukan pengontrolan dengan melibatkan lembaga BPK, BPKP, KPK, Kejaksaan Agung, serta kepolisian.