Anggota Bursa Belum Siap, BEI Tunda Penutupan Kode Broker

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Bursa Efek Indonesia (BEI) menunda pelaksanaan penutupan kode anggota bursa (AB) atau broker dan tipe investor pada info pergerakan harga di sistem perdagangan hingga akhir Agustus 2021.

Sebelumnya, regulator bursa itu berencana menerapkanya pada 26 Juli 2021.

Penundaan itu lebih disebabkan adanya anggota bursa (AB) yang belum siap dengan mekanisme baru pra penutupan dan paska penutupan perdagangan.

Hal tersebut dibenarkan oleh Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa, Laksono Widodo kepada awak media, Senin (7/6/2021)

“Ya,“ jawab dia ketika dikonfirmasi penerapan tertunda karena ada AB yang tidak siap.

Namun dia enggan membeberkan lebih lanjutnya, terkait nama-nama AB yang belum siap tersebut.

“Bukan untuk konsumsi publik,” kata dia.

Sebelumnya, Laksono juga menyatakan, bahwa penerapan penutupan kode AB dan tipe investor akan meningkatkan tata kelola pasar yang baik dengan mengurangi fenomena mengikuti pola perdagangan investor lain.

Tapi berdasarkan siaran pers akhir pekan lalu (04/6), disebutkan bahwa BEI akan menerapkan perubahan mekanisme sesi Pra-penutupan dan perpanjangan Pasar Negosiasi pada waktu perdagangan Bursa pada akhir Agutus 2021.

Ditegaskan, rencana itu merupakan pelaksanaan atas Keputusan Direksi BEI dengan Nomor: Kep-00108/BEI/12-2020 perihal Perubahan Peraturan Nomor II-A tentang Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas pada tanggal 4 Desember 2020 terkait dengan implementasi perubahan mekanisme sesi Pra-penutupan, tampilan informasi Indicative Equilibrium Price (IEP) dan Indicative Equilibrium Volume (IEV) pada sesi Pra-pembukaan dan sesi Pra-penutupan, penambahan jenis pesanan pasar (market order), serta perpanjangan waktu perdagangan di Pasar Negosiasi selama 15 menit.