LPPF Akui 100 Gerai Terdampak PPKM Mikro

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Matahari Department Store Tbk (IDX: LPPF) mengaku ada sebanyak 100 gerai yang terdampak atas pengurangan jam operasional,

Bahkan akan menutup gerai jika diperlukan.

Pembatasan jam operasional ini sebagai dampak dari Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro mulai tanggal 22 Juni 2021.

Melansir siaran pers emiten ritel grup Lippo ini, Senin (28/6/2021) bahwa jumlah gerai yang terdampak ini meningkat 26 gerai sejak pembatasan dimulai.

“Saat ini negara Indonesia sedang mencatat rekor tingkat kasus yang tinggi, dan kami ingin menekankan bahwa kami akan melakukan bagian kami untuk mengelola situasi ini.termasuk penutupan gerai sementara di wilayah yang terdampak jika ini diperlukan,” tulis manajemen LPPF.

Lebih rincinya, sebanyak 71 gerai berada di Jawa, 19 gerai di Sumatera, 4 gerai di Kalimantan, dan lainnya di luar wilayah tersebut.

Sebanyak 100 gerai tersebut merepresentasikan 67 persen dari jumlah gerai Matahari dan 71 persen dari total penjualan. Gerai-gerai ini terkena dampak atas pengurangan jam operasional yang hanya sampai jam  6 sore. 

Sedangkan, 30 persen dari total gerai tersebut terdampak atas pembatasan kunjungan mal atau pengalihan lalu lintas jalan.

Di sisi lain, pembatasan kapasitas peritel makanan dan minuman yang mengurangi kunjungan ke mal berdampak pada 42 persen dari total gerai.

Hanya saja, perseroan menegaskan bahwa kondisi tersebut diatas terlalu dini untuk menyatakan dampak keuangan spesifik dari setiap aspek pengaturan.

Namun, manajemen Matahari tetap sepenuhnya siap untuk mematuhi langkah-langkah yang diperlukan oleh otoritas terkait melalui program "BELANJA AMAN – 5 KOMITMEN MATAHARI" .

Komitmen ini termasuk; · Menyediakan kasir khusus untuk keluarga dan lansia, · Mendahulukan pekerja medis, · Menyediakan produk primer dan kebutuhan bayi di lokasi yang mudah didapatkan, · Membersihkan gerai secara menyeluruh, menggunakan masker, dan menyediakan sanitiser untuk semua pelanggan yang datang, dan · Memastikan adanya sistem jaga jarak aman di dalam gerai.