Sulap Utang Jadi Modal, BCIC Akan Right Issue 4,66 Miliar Saham

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Bank J Trust Indonesia Tbk (IDX: BCIC) akan melakukan Penambahan Modal Dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) atau right issue, dengan melepas sebanyak 4.665.700.000 lembar saham baru bernominal Rp100 per lembar saham.

Mengutip prospektus right issue emiten bank milik grup J Trust asal Jepang ini pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (17/6/2021) bahwa total saham baru yang akan dilepas itu setara dengan 46,6 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Hanya saja, para pemegang saham utama perseroan yang tergabung dalam grup J Trust telah menyatakan menyerap HMETD dengan cara melakukan mengubah piutangnya kepada anak usahanya itu menjadi saham.

Rincinya, J Trust Co Ltd pemegang 86,6 persen saham perseroan akan menyerap HMETD-nya dengan mengubah pinjaman Subordinasi III senilai Rp400 miliar dan dana senilai Rp200 miliar.

Sedangkan J Trust Asia Pte Ltd selaku pemegang 4,67 persen porsi saham perseroan telah menyatakan akan menerima penyerahan HMETD milik J Trust Co Ltd dan menyerap HMETD-nya dengan mengubah pinjaman subordinasi senilai Rp495,5 miliar menjadi modal inti dan konversi pinjaman subordinasi senilai Rp251,64 miliar.

Sementara itu, PT Jtrust Invesment Indonesia selaku pemegang 1 persen saham perseroan akan menyerap HMETD miliknya dengan mengubah pinjaman subordinasi Rp15 miliar.

Rencananya, aksi korporasi ini dilaksanakan setelah mendapat persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar pada tanggal 23 Juli 2021.

Sehingga usai pelaksanaannya, modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan yang dicatat sebagai modal inti utama meningkat sebesar Rp1,095 triliun.