Penugasan Rivan Cs Usai, Chang Su Choi Jadi Dirut BBKP

foto : dokumentasi BBKP

Pasardana.id - Rivan Purwantono didapuk menjadi Direktur Utama Jasa Raharja, perusahaan asuransi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), usai menjalankan transformasi pada PT Bank KB Bukopin Tbk (IDX: BBKP).

Rivan selaku mantan Direktur Utama KB Bukopin menegaskan, bahwa kepindahannya menjadi nahkoda di perusahaan pelat merah karena penugasannya di KB Bukopin telah usai.

“Transformasi yang telah dilakukan selama ini sudah berjalan dengan baik, bahkan manajemen yang baru dengan direktur utama langsung dari Korea Selatan, merupakan seorang yang sangat berpengalaman di bidang perbankan, Chang Su Choi sendiri sebelumnya telah menjabat sebagai Komisaris di emiten bersandi BBKP itu. Jadi Direktur Utama saat ini bukanlah orang baru di jajaran manajemen perseroan,” papar kepada media usai menghadiri Rapat umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) BBKP, Kamis (17/6/2021).

Lebih lanjut Rivan mengatakan, ini merupakan estafet yang sangat baik, mengingat Chang dengan segala pengalaman dan kemampuannya akan lebih baik melakukan alih pengetahuan dan juga didampingi juga oleh bankir yang cukup berpengalaman, yaitu Robby Mondong.

“Pak Robby Mondong sendiri bukanlah orang baru di bidang perbankan. Ia telah berpengalaman di bidangnya. Beliau pernah menjabat di SMI (Saran Multi Infrastruktur) dan kita tahu bahwa transformasi yang kita lakukan juga terfokus pada SMI, terhadap retail yang terdapat consumer di dalamnya. Jadi, masuknya Pak Robby ke dalam KB Bukopin merupakan salah satu keahliannya dalam mengelola perbankan yang sangat baik,” jelas dia.

Sementara Jong Hwan Han telah mengakhiri masa tugasnya di KB Bukopin karena dia selama ini bertugas di BBKP merupakan penugasan dari induknya yaitu KB Kookmin, sehingga ketika penugasannya berakhir, dia akan kembali pada KB Kookmin di Korea.

Ia menepis ada hal yang material yang sedang terjadi. Menurutnya, saat ini hanya pergantian biasa karena penugasannya sudah selesai. Bahkan transformasi saat ini, KB Bukopin dikomandoi oleh orang-orang yang jauh lebih hebat kualitasnya dan yang meneruskan manajemen KB Bukopin sebagai Direktur Utama saat ini merupakan orang yang sangat mengenal Indonesia.

“Chang selama ini mampu berhubungan dengan sangat baik kepada regulator, dengan pemerintah bahkan dengan seluruh karyawan KB Bukopin,” tegas Rivan.

Jelasnya, hasil RUPSLB mengukuhkan manajemen untuk periode tahun buku 2021 – 2023 menjadi sebagai berikut:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama Independen : Bo Youl Oh  

Wakil Komisaris Utama Independen : Sapto Amal Damandari  

Komisaris : Susiwijono  

Komisaris : Nam Hoon Cho

Komisaris : Nanang Supriyatno*  

Komisaris Independen : Hae Wang Lee**

Komisaris Independen : Tippy Joesoef*

Komisaris Independen : Stephen Liestyo*

Direktur Utama : Chang Su Choi**

Wakil Direktur Utama : Roby Mondong*

Direktur : Hari Wurianto

Direktur : Helmi Fakhrudin

Direktur : Dodi Widjajanto*

Direktur : Ji Kyu Jang**

Direktur : Shin Seng Hyup**

Direktur : Yohanes Suhardi*

Direktur : Iwan Dharmawan*

Berikutnya, RUPS sepakat untuk  kembali melaksanakan Penawaran Umum Terbatas untuk memperoleh tambahan dana guna memperkuat modal dan dapat tumbuh berkelanjutan kedepannya.