Selain Private Placement, SUPR Juga Incar Rp13 Triliun Dari Obligasi

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Solusi Tunas Pratama Tbk (IDX: SUPR) giat melakukan aksi pencarian dana, disamping akan melakukan private placement, perseroan juga akan menerbitkan surat utang dengan total penghimpunan dana sebesar-besarnya Rp13,642 triliun.

Mengutip prospketus surat utang emiten menara telekomunikasi itu pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (28/4/2021) bahwa perseroan akan menerbitkan surat utang senilai USD400 juta dan obligasi sebanyak-banyaknya Rp8 triliun.

Sehingga total rencana penerbitan surat utang setara dengan 374 persen dari total ekuitas tahun 2020 yang tercatat sebesar Rp3,64 triliun. Sehingga perseroan akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) tanggal 3 Juni 2021.

Sebagai penarik, perseroan menawarkan bunga 8 persen bagi pemegang surat utang dalam bentuk dollar Amerika Serikat dan 12 persen pertahun bagi pemegang obligasi rupiah. Adapun jangka waktu yang ditawarkan selama 7 tahun.

Rencananya, dana hasil penerbitan surat utang ini akan digunakan untuk melunasi lebih awal sebagian atau seluruh pinjaman perseroan.

“Perseroan melihat kondisi pasar (market) saat ini sangat mendukung untuk dilaksanakannya penerbitan Obligasi sehingga diharapkan menjadi momentum baik agar pendanaan Perseroan menjadi semakin efisien,” tulis manajemen SUPR.   

Untuk itu, perseroan menjaminkan anak usahanya, yakni PT Sarana Inti Persada, PT Platinum Teknologi, PT Gema Dwimitra Persada, PT Bit Teknologi Nusantara, dan PT Broadband Wahana Asia.