Pajak Warisan Bos Samsung Capai 12 Triliun Won

foto: istimewa

Pasardana.id - Para penerima bagian dari warisan yang ditinggalkan mendiang chairman Samsung Group Lee Kun-Hee telah ditetapkan untuk membayar pajak warisan sebesar 12 triliun won, atau sekitar Rp156 triliun, kepada pemerintah Korea Selatan.

Jumlah tersebut merupakan salah satu jumlah pajak warisan terbesar di dunia dalam sepanjang sejarah. Lee Kun-Hee tutup usia Oktober tahun lalu

Seperti dilansir BBC News, Rabu (28/4/2021), pajak warisan Samsung menjadi perhatian tersendiri bagi para investor karena akan berpengaruh terhadap kepemilikan saham keluarga Lee di perusahaan konglomerat tersebut.

Para investor menantikan dilakukannya pencatatan resmi untuk mengetahui kepemilikan saham anak Lee Kun-Hee, Lee Jae-Yong, yang secara de facto menjadi bos Samsung Electronics sejak 2014.

Lee Jae-Yong saat ini tengah mendekam di penjara, menjalani hukuman kurungan 2,5 tahun sebagai akibat perannya dalam skandal penyuapan yang melibatkan mantan Presiden Korea Selatan Park Geun-Hye.

Koleksi barang antik dan lukisan milik Lee Kun-Hee akan disumbangkan ke Museum Nasional Korea dan organisasi lainnya. Termasuk lukisan milik Lee Kun-Hee adalah lukisan karya Marc Chagall, Pablo Picasso, Paul Gauguin, Claude Monet, Joan Miro, dan Salvador Dali.

Dengan menyumbangkan koleksi barang antik dan lukisan, beban pajak yang harus ditanggung keluarga mendiang akan berkurang.