Bayar Utang, SUPR Akan Private Placement 113,7 Juta Saham

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Solusi Tunas Pratama Tbk (IDX: SUPR) berencana melaksanakan Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu atau private placement, dengan melepas sebanyak 113.757.969 lembar saham bernominal Rp100 per saham atau 10 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Mengutip prospektus private placement emiten menara telekomunikasi itu pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (27/4/2021) disebutkan bahwa dana hasil aksi korporasi ini akan digunakan untuk pelunasan lebih awal sebagian atau seluruh utang dan menambah modal kerja perseroan.

Jelasnya, perseroan akan melunasi atau menyicil utang senilai USD297 juta kepada sindikasi perbankan luar negeri.

Adapun bank tersebut adalah BNP Paribas, Citigruop Markets Singapore, ING Bank NV Singapore, CIMB Niaga, Standard Chartered Bank Singapores, Sumitomo Mitsui Banking, dan Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ Ltd.

Selain itu, perseroan juga memiliki pinjaman sindikasi dalam bentuk Rupiah sebesar Rp3,85 triliun dari bank yang sama. Kedua pinjaman ditandatangani pada tanggal 27 Februari 2018.

Rencananya, private placement itu akan dilaksanakan dalam rentang dua tahun sejak persetujuan pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) tanggal 3 Juni 2021 dan pernyataan efektif OJK.

Namun, sampai saat ini belum terdapat calon pemegang saham baru tersebut. Tapi, bagi pemegang saham perseroan dapat terdilusi hingga 3,93 persen.