INDY dan Fourth Patners Akan Kembangkan Energi Baru Senilai USD500 Juta

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Indika Energy Tbk. (IDX: INDY) melalui anak usahanya menggandeng Fourth Partner Energy membentuk perusahaan patungan PT Empat Mitra Indika Tenaga Surya.

Perusahaan patungan dengan modal disetor Rp27,9 miliar itu berencana melakukan investasi di Indonesia hingga USD 500 juta sepanjang tahun 2021 hingga 2025.

Direktur Utama INDY, Arsjad Rasjid mengatakan, pendirian perusahaan patungan dengan perusahaan asal India itu bertujuan membangun perusahaan tenaga surya yang akan menghadirkan berbagai solusi pengembangan energi terbarukan untuk sektor komersial maupun industri di Indonesia.

“Kerjasama ini juga merupakan wujud komitmen Indika Energy dalam mendiversifikasi portofolio bisnis, mencapai tujuan keberlanjutan, meningkatkan kinerja ESG (Environmental, Social, Governance), serta mendukung upaya pemerintah dalam mencapai target bauran EBT sebesar 23% pada tahun 2025,” kata dia dalam siaran pers, Jumat (5/3/2021).

Dia menambahkan, Empat Mitra Indika Tenaga Surya akan menggabungkan kompetensi Fourth Partner Energy dalam membangun dan mengoperasikan lebih dari 550 MW pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di India dan sejumlah negara lainnya.

“Dengan kemampuan engineering kelas dunia dan pengalaman Indika Energy dalam menghadirkan solusi energi terbaik untuk masyarakat Indonesia,” ujar dia.

Ia melanjutkan, pendirian perusahaan patungan ini akan berkontribusi terhadap pencapaian komitmen perusahaan untuk meningkatkan porsi pendapatan dari sektor non-batubara sebesar 50 persen pada tahun 2025.

“Indonesia memiliki potensi yang sangat besar di sektor energi terbarukan dan saat ini kami melihat mulai meningkatnya permintaan atas solusi energi bersih dan ramah lingkungan. Indika Energy berkomitmen untuk berkontribusi secara signifikan dan terus menjalankan bisnis secara berkelanjutan,” tutup Arsjad.