INKP Bayar Utang Dari Terbitkan Obligasi Rp3,25 Triliun

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (IDX: INKP) kembali melakukan penawaran umum Obligasi Berkelanjutan I Indah Kiat Pulp & Paper Tahap IV tahun 2020 dengan nilai pokok sebanyak-banyaknya Rp3,253 triliun pada tanggal 16-17 Maret  2021.

Berdasarkan keterangan resmi emiten kertas grup Sinarmas itu pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (3/3/20201), dijelaskan, dana hasil penerbitan surat utang itu akan digunakan untuk pembayaran angsuran utang berupa pokok dan bunga dengan porsi 60 persen.

Sedangkan sisanya, akan digunakan untuk modal kerja perseroan, seperti pembelian bahan baku, bahan bantu produksi, energi dan bahan bakar, barang kemasan serta biaya produksi.

Rencananya, surat utang dengan peringkat idA+ itu akan ditawarkan dalam tiga seri.

Rincinya, Seri A senilai Rp1,081 triliun berbunga tetap 7,25 persen pertahun dan akan jatuh tempo 370 hari sejak diterbitkan.

Berikutnya, seri B senilai Rp1,894 triliun berbunga tetap 9,5 persen dan akan jatuh tempo 3 tahun sejak diterbitkan.

Adapun, seri C senilai Rp277,075 miliar dengan bunga 10.25 persen pertahun dan akan jatuh tempo 5 tahun.

Calon investor surat utang yang akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia tanggal 24 Maret 2021 ini, dapat memesan mulai kelipatan sebesar Rp5 juta dan akan menerima bunga secara berkala setiap tiga bulan sekali hingga jatuh tempo.

Sementara itu, BCA Sekuritas, BNI Sekuritas, BRI Sekuritas, Binaartha Sekuritas, Sinarmas Sekuritas, MayBank Kim Eng Sekuritas, Sucor Sekuritas dan Trimegah Sekuritas selaku penjamin emisi telah menyatakan akan menjamin dengan kesanggupan penuh penerbitan obligasi ini.