Laba Bersih Siemens Meningkat 38 persen

foto: istimewa

Pasardana.id - Laba bersih perusahaan teknologi Jerman Siemens mengalami peningkatan 38 persen year-on-year menjadi 1,5 miliar euro, atau sekitar Rp25,3 triliun, pada kuartal pertama tahun fiskal 2021.

“Tim kami berhasil menorehkan kinerja yang luar biasa di tengah kondisi yang menantang saat ini,” kata Joe Kaeser, CEO Siemens, dalam pertemuan pemegang saham yang berlangsung Rabu (3/2/2021), seperti dikutip Reuters.

Pendapatan pada periode Oktober sampai Desember 2020 meningkat 7 persen year-on-year menjadi 14,1 miliar euro. Peningkatan yang terjadi tak terlepas dari baiknya kinerja bisnis perusahaan di Tiongkok dan Jerman.

Pendapatan Siemens di Tiongkok melambung 21 persen, sedangkan di Jerman 8 persen.

Permintaan terhadap produk buatan Siemens tinggi di Tiongkok seiring pulihnya perekonomian Negeri Panda. GDP Tiongkok bertumbuh 2,3 persen pada 2020.

Untuk tahun fiskal 2021, Siemens memperkirakan berlangsungnya pandemi virus Corona (COVID-19) akan memberikan pengaruh terhadap kinerja perusahaan secara keseluruhan. Laba tahunan diperkirakan mencapai antara 5 sampai 5,5 miliar euro.