Pemerintah Dorong Pengusaha Waralaba Lokal Gencar Lakukan Ekspansi Global
Pasardana.id - Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan terus berupaya mendorong para pemilik perusahaan waralaba untuk gencar melakukan ekspansi ke pasar luar negeri dan mampu bersaing dengan waralaba asing.
Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, dalam Indonesia Franchise Forum dan Bizfest 2021 yang digelar di Jakarta, Selasa (7/12) menyatakan, bisnis waralaba atau franchise merek lokal sudah mampu menguasai pasar dalam negeri.
"Indonesia sudah tidak lagi jadi pasar bagi waralaba asing karena sudah jadi tuan rumah dan menguasai pasar. Saya optimis waralaba kita mampu tembus di pasar global," kata Lutfi.
Dijabarkan Lutfi, sepanjang 2020, meski di tengah situasi pandemi, bisnis waralaba ini masih memberikan berkontribusi positif terhadap penyerapan lapangan kerja sebanyak 628 ribu orang.
Selain itu, omzet yang dihasilkan pun tidak tanggung-tanggung, yakni mencapai sekitar Rp 54,4 miliar.
Karena itu, kedepannya, kata Lutfi, dibutuhkan kolaborasi antara pemerintah, dunia usaha, dan asosiasi untuk bisa mendorong pengembangan waralaba yang mampu berekspansi di pasar internasional.
Sementara itu, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Kemendag, Oke Nurwan mengatakan, para pemilik merek waralaba harus memiliki Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW) untuk bisa berekspansi ke luar negeri.
Sebab, tanpa STPM pembukaan waralaba akan ditolak oleh otoritas setempat.
Oke menjelaskan, sejumlah nama waralaba lokal telah melebarkan pasarnya ke sejumlah negara dan kawasan.
Menurutnya, hal ini menunjukkan merek lokal memiliki peluang besar bersaing di pasar internasional.
Oke mencontohkan, sejumlah merek waralaba yang sudah tembus ke pasar luar negeri. Di antaranya untuk ritel modern, seperti Alfamart sebanyak 1.044 gerai di Filipina.
Adapun untuk waralaba makanan dan minuman, yakni seperti; Ayam Gepuk Pak Gembus yang memiliki 10 gerai di Malaysia dan Kebab Turki Baba Rafi dengan 60 gerai yang tersebar di Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, Sri Lanka, Bangladesh, China, sampai Belanda.
Ada pula depo air minum Biru yang telah membuka satu gerai di California, Amerika Serikat.
Oke juga mencatat bisnis makanan dan minuman J.CO Donuts & Coffee telah memiliki 60 gerai yang tersebar di Malaysia, Singapura, Filipina, dan Arab Saudi.
“Di sektor kecantikan dan perawatan tubuh ada Taman Sari Royal Heritage Spa dengan 2 gerai di Malaysia dan Kanada, serta Tirta Ayu Spa memiliki 5 gerai di Nigeria dan 1 gerai di Kamerun. Merek dalam negeri sudah banyak yang ekspansi,” pungkas Oke.