TCPI Raih Kontrak Baru Senilai Rp576 Miliar

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Transcoal Pacific Tbk (IDX: TCPI) meraih kontrak pengangkutan batu bara selama 10 tahun senilai Rp576 miliar dari salah satu tambang batu bara terbesar di Kalimantan Selatan.

Direktur TCPI, Erizal Darwin menjelaskan, kontrak baru ini akan berdampak positif terhadap kegiatan operasional karena mendapatkan kepercayaan dari pelanggan untuk mengangkut batu bara dari Asam-asam, Kalimantan Selatan.

“Perseroan berhak untuk menerima pembayaran biaya pengangkutan sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam kontrak,” tulis dia dalam keterangan resmi, Jumat (24/12/2021).

Ditegaskan, perusahaan pemberi kerja tidak punya hubungan afiliasi dengan perseroan. Sehingga bukan tergolong transaksi afiliasi.

Sebelumnya, TCPI melaporkan telah meraih dua kontrak baru pengangkutan dari tambang batu bara terbesar di Kalimantan Timur senilai Rp202 miliar dan Rp137 miliar.

Mengutip keterangan resmi emiten pelayaran itu yang diunggah pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (09/11/2021), disebutkan bahwa dari dua kontrak itu, perseroan berhak atas pembayaran biaya pengangkutan.

“Sebaliknya, perseroan berkewajiban untuk mengangkut batu bara pelanggan sesuai dengan ketentuan dalam kontrak.” tulis Direktur TCPI, Erizal Darwis.

Rincinya, kontrak pertama dari tambang batu bara terbesar di Kalimantan Timur mewajibkan perseroan mengangkut batu bara ke PLTU Cilegon, Banten selama 9 bulan.

Sedangkan kontrak kedua, mewajibkan perseroan mengangkut batu bara dari tambang batu bara terbesar di Kalimantan Timur ke beberapa PLTU di Jawa selama 4 bulan.