ANALIS MARKET (25/11/2021) : IHSG Diperkirakan Bergerak Sideways Namun Cenderung Melemah

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian Reliance Sekuritas menyebutkan, IHSG pada perdagangan kemarin (24/11), ditutup menguat tipis walaupun sempat diperdagangkan di zona merah, dengan bertengger di level 6683.27 (+0.08%). Pada perdagangan kemarin, para investor masih bimbang untuk melakukan distribusi atau akumulasi, meski akhirnya para investor cenderung melakukan akumulasi, namun dalam jangka pendeknya, IHSG masih dalam fase konsolidiasi serta yang mendukung para investor untuk melakukan akumulasi dengan melihat adanya katalis positif dari dalam negeri yang datang dari lembaga Fitch and Ratings mempertahankan peringkat utang atau sovereign credit rating Indonesia pada peringkat BBB dengan outlook stabil dan kenaikan harga batu bara dan nikel.

Sektor yang mengalami penguatan pada IHSG adalah energi (+0.88%), infrastruktur (+0.33%), serta consumer cyclical (+0.32%). Investor asing membukukan penjualan bersih di pasar reguler sebesar Rp 435.88 miliar, dengan saham-saham yang paling banyak di distribusi asing adalah: BBRI, MTEL, ADRO, TLKM, BUKA.

Di sisi lain, dari bursa AS, Wall Street ditutup bervariasi namun cenderung menguat. Dow Jones melemah tipis (-0.03%), S&P 500 menguat (+0.23%) dan Nasdaq mengalami pengauatan (+0.44%). Hal ini didorong oleh saham teknologi seperti Nvidia yang menguat (+2.9%) hal ini membuat Wall strees ditutup menguat menjelang libur Thanksgiving semenatara kabar dari pertemuan kebijakan The Fed terbaru disebutkan, The Fed terbuka untuk mempercepat pembelian obligasi dan bergerak lebih cepat untuk menaikkan suku bunga jika inflasi tinggi terjadi serta klaim pengangguran mingguan turun.

Dari bursa Asia pada perdagangan Kamis (25/11) pagi hari ini juga di buka menguat, indeks Nikkei dibuka menguat (+0.56%) serta index kospi pada pagi hari ini di buka menguat tipis (+0.08%) namun saat ini sempat diperdagangkan di zona merah (-0.35%). Hal ini para investor merespon positif index manufaktur jepang dan pertumbuhan ekonomi singapura pada kuarta III.

Sementara dari dalam negeri, hari ini IHSG diperkirakan akan bergerak sideways namun akan cenderung melemah.

“Pada perdagangan hari ini, IHSG akan bergerak pada rentang 6630 – 6730,” sebut analis Reliance Sekuritas dalam riset yang dirilis Kamis (25/11/2021).