Perpadi Pastikan Stok Beras Aman Hingga Nataru

Foto : istimewa

Pasardana.id - Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras Indonesia (Perpadi) menyatakan, bahwa stok beras cukup sampai akhir tahun.

Wakil Ketua Perpadi, Billy Haryanto usai berdialog dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta pada Kamis (18/11), juga memastikan harga beras cenderung stabil jelang libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 atau Nataru.

"Biasanya harga (tidak) terkendali dan pasti naik, tapi ini Alhamdulillah stabil. Bagus sekali, dan untuk Natal dan Tahun Baru, ini sangat aman," ujar Billy usai bertemu dengan Jokowi, seperti dikutip dari laman Setkab, Kamis (18/11/2021).

Billy juga mengaku, bahwa hal tersebut dilihatnya langsung di lapangan, sebagai contoh di Sragen, yang saat ini tengah panen raya dengan hasil yang bagus.

Menurut Billy, informasi dari Perpadi ini akan diteruskan Presiden Jokowi ke Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi.

Rencananya, Mendag Lutfi akan mengecek secara langsung kondisi stok dan harga beras di sejumlah pasar. Hal ini untuk memastikan bahwa stok dan harga beras aman jelang Nataru.

Lebih lanjut, Billy juga mengajak kepada masyarakat agar tidak panik dikarenakan kebutuhan pangan, khususnya untuk beras sangatlah cukup.

Di akhir keterangannya, Billy menyatakan, bahwa Presiden Jokowi adalah sosok yang sangat peduli dengan pangan dan tidak akan tergesa-gesa untuk mengambil keputusan impor.

“Dia akan membaca harga pangan dunia kan naik tinggi, dia kan enggak buru-buru impor, enggak, kalau cukup ngapain impor,” tandasnya.