Wamendag Optimis Ekonomi 2021 Bakal Lebih Baik, Begini Alasannya

Foto : istimewa

Pasardana.id - Kementerian Perdagangan optimis tahun 2021 akan jauh lebih baik dan bergairah bagi ekonomi Indonesia.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga saat mendampingi Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam pembukaan perdagangan perdana Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2021.   

Menurut Jerry, hal tersebut didasari berbagai hal yang dilakukan pemerintah, baik di aspek kesehatan maupun ekonomi itu sendiri.

Dalam sektor kesehatan, kata dia, pemerintah telah mulai menyiapkan vaksinasi sehingga diharapkan dampak Covid-19 bisa segera ditangani.

Sementara dalam bidang ekonomi, pemerintah melakukan langkah-langkah perbaikan institusi dan regulasi maupun perbaikan daya beli masyarakat.   

"Kita juga telah punya UU Cipta Kerja yang kita yakin mampu menjawab kebutuhan para pelaku usaha dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengurangi pengangguran dan sebagainya. Ada juga kebijakan penyaluran bantuan sosial dan sebagainya. Jadi kita sangat optimis dengan tahun 2021," kata Wamendag Jerry, dalam pernyataannya, yang dikutip Selasa (5/1/2021) kemarin.

Lebih lanjut Jerry juga menyebut, kehadiran Menteri Perdagagangan yang baru, Muhammad Lutfi, akan menjadi pendorong bagi kinerja perdagangan Indonesia, baik di dalam maupun luar negeri.

Dia juga mengingatkan, di tahun 2020, meski di tengah pandemi, kinerja perdagangan Indonesia mencatatkan hasil yang cukup baik.

"Di dalam negeri, tidak ada gejolak harga dan kelangkaan yang signifikan terjadi. Ini menandakan kuatnya sistem distribusi dan logistik yang ditunjang oleh berbagai aspek. Sementara di luar negeri, surplus Indonesia justru meningkat signifikan," tuturnya.

Berdasarkan catatan pada Desember 2020, total surplus Indonesia sudah berkisar di angka USD 19,65 miliar atau tertinggi sejak 2012.

"Visi Presiden salah satunya adalah melakukan transformasi ekonomi. Itu semua pasti harus didukung oleh kinerja dan juga transformasi dalam bidang perdagangan," ujar Jerry.

Sementara itu, untuk mendukung perdagangan, Jerry memandang perlunya segera menyelesaikan target-target perundingan perdagangan dan implementasi perjanjian perdagangan yang telah ditandatangani dan diratifikasi.

"Fokusnya adalah bahwa pasar produk Indonesia harus di ekstensifikasi, baik ke pasar tradisional maupun pasar potensial lain. Juga, harus makin ditingkatkan nilai tambahnya sesuai arahan presiden," ujarnya.

Untuk itu, menurut Jerry, perlu sinergi yang baik antara sektor keuangan dan sektor perdagangan riil. Keterlibatan seluruh stakeholder termasuk masyarakat perlu digenjot.