DKI Perpanjang PSBB Transisi, Penumpang Kereta Api Masih Wajib Rapid Tes Antigen

Foto : istimewa

Pasardana.id - Untuk mencegah penyebaran virus corona (covid-19) yang saat ini masih tinggi, pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali memperpanjang penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi mulai tanggal 04 - 17 Januari 2021. 

VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero), Joni Martinus mengatakan, hingga saat ini perseroan masih mengikuti arahan yang tertuang dalam Surat Edaran Nomor 23 tahun 2020 Kementerian Perhubungan.

Artinya, bagi penumpang yang akan berpergian ke luar kota masih diwajibkan untuk melakukan rapid tes antigen.

"Saat ini, KAI masih mengacu ke Surat Edaran No 23/2020 Kementerian Perhubungan terkait syarat perjalanan orang pada masa pandemi Covid-19," ujarnya, saat dikonfirmasi, Senin (4/1/2021).   

Joni juga enggan berspekulasi mengenai kemungkinan untuk tidak lagi mensyaratkan rapid test antigen kepada penumpang.

Dia mengatakan bahwa, KAI masih menunggu arahan dan kebijakan pemerintah pusat.

Sebagaimana diketahui, SE Kemenhub berlaku sejak 22 Desember. Surat Edaran tersebut akan habis masa berlakunya pada 8 Januari mendatang. 

"Kami menunggu arahan dan kebijakan lebih lanjut dari pemerintah," ujarnya.

Karena itu, sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus covid-19 yang terjadi di transportasi kereta api, pihaknya secara konsisten dan disiplin menjalankan protokol kesehatan ketat.

"KAI secara disiplin menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk memastikan tidak ada penyebaran Covid-19 melalui transportasi Kereta Api," ujar Joni.