Harga Minyak Dunia Naik Dipicu Optimisme Paket Stimulus

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia naik pada Senin (25/1/2021) dipicu optimisme peluncuran paket stimulus ekonomi oleh pemerintah Amerika Serikat dalam waktu dekat.

Seperti dilansir Reuters, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret 2021 naik 50 sen, atau sekitar 1 persen, menjadi US$52,77 per barel di New York Mercantile Exchange.

Harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Maret 2021 meningkat 47 sen, atau sekitar 0,9 persen, menjadi US$55,88 per barel di London ICE Futures Exchange.

Para pejabat AS telah melakukan pembicaraan dengan anggota senat dari Partai Repulik terkait paket stimulus senilai US$1,9 triliun yang dianggap terlalu mahal. Harapan besar peluncuran paket stimulus akan berlangsung tidak lama lagi.

Harga minyak dunia juga terpengaruh data terbaru yang menunjukkan tingkat kepatuhan OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries) dan negara-negara produsen minyak mentah lainnya yang tergabung dalam OPEC+ terhadap kesepakatan pengurangan produksi mencapai 85 persen pada Januari.