Bantuan Modal Untuk UMKM Bakal Berlanjut di 2021

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Pemerintah akan melanjutkan program bantuan modal bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tahun 2021 ini.

Program ini sebelumnya sudah dijalankan pada 2020.

"Tadi dalam rapat dengan Bapak Presiden mengarahkan UMKM tetap diberikan bantuan permodalan," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam press briefing virtual, Kamis (21/1/2021) kemarin.

Hanya saja, Airlangga tak merinci soal bagaimana mekanisme bantuan yang bakal diberikan pemerintah kepada UMKM.

Ia hanya menyebut bahwa program ini masih dalam tahap pembahasan dengan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati.  

"Nah ini yang sedang kami siapkan dengan Ibu Menteri Keuangan," ujarnya.

Pada 2020, pemerintah memberikan bantuan presiden (banpres) produktif bagi UMKM senilai Rp2,4 juta. Bantuan melalui Kementerian Koperasi dan UKM ini disalurkan melalui dua tahap, yaitu Rp22,01 triliun pada tahap I dan Rp6,81 triliun di tahap II.

Hingga akhir tahun, realisasi dari program ini bisa mencapai Rp29,24 triliun atau 99,23 persen dari pagu anggaran sebesar Rp29,47 triliun. Sisa anggaran untuk program ini adalah Rp277,3 miliar atau 0,77 persen dari pagu yang disediakan.

Selain program ini, Airlangga juga menyebut, bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat seperti Program Keluarga Harapan (PKH), dana desa, hingga bansos tunai juga akan dilanjutkan. Termasuk juga pemberian insentif perpajakan untuk dunia usaha.

"Kalau 2020 kemarin persiapannya Rp120 triliun tapi tidak terpakai semua sehingga tentu tahun ini kita berikan Rp20,26 triliun. Jadi, ada dalam bentuk pajak ditanggung pemerintah Rp3,1 triliun, pembahasan PPh impor Rp12 triliun, kemudian pengembalian atau restitusi PPN sebesar Rp5,3 triliun," tandasnya.