Harga Minyak Dunia Naik Dipicu Optimisme Paket Stimulus

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia naik dipicu optimisme peluncuran paket stimulus ekonomi oleh pemerintah Amerika Serikat.

Seperti dilansir Xinhua, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Februari 2021 naik 26 sen menjadi US$53,24 per barel di New York Mercantile Exchange.

Harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Maret 2021 meningkat 18 sen menjadi US$56,08 per barel di London ICE Futures Exchange.

Dalam pertemuan virtual Senate Finance Committee pada awal pekan ini, calon Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengatakan bahwa sangat penting bagi kongres AS untuk mengesahkan paket stimulus senilai US$1,9 triliun. Karena tanpa investasi besar, pemulihan ekonomi dari dampak pandemi virus Corona (COVID-19) akan berlangsung lambat.

Sementara itu, International Energy Agency (IEA) pada Selasa merilis laporan yang menyebutkan bahwa permintaan minyak mentah untuk kuartal I 2021 diperkirakan akan lebih rendah 600.000 barel per hari dari prediksi sebelumnya. Secara keseluruhan pada tahun ini, permintaan lebih rendah 300.000 barel per hari.