Pandemi Covid-19 Belum Reda, Pemerintah Perpanjang Diskon Tarif Listrik

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Pemerintah kembali memperpanjang program stimulus listrik yang sudah dilakukan sejak 2021 hingga kuartal pertama 2021.

Tercatat, tambahan subsidi yang bakal digelontorkan sekitar Rp4,57 triliun. 

Disampaikan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Rida Mulyana, stimulus yang digelontorkan, seperti; diskon listrik 100 persen atau listrik gratis untuk rumah tangga golongan 450 VA dan diskon 50 persen untuk 900 VA subsidi. 

"Jadi total Rp4,57 triliun untuk ketiga jenis program stimulus. Seperti diskon rumah tangga 450 sama 900 VA, diskon untuk industri dan bisnis kecil. Dan diskon untuk rekening minimum itu total untuk triwulan I-2021. Maka kita perkirakan Rp4,57 triliun," ujar Rida, dalam telekonferensi, Rabu (13/1/2021).   

Rida pun menerangkan bahwa program ini diperpanjang karena dampak pandemi Covid-19 belum reda. Dikatakan Rida, program tersebut diperpanjang sebagai bentuk jaring pengaman sosial. 

Menurut Rida, besaran stimulus ini tidak berubah bila dibandingkan dengan stimulus yang dikucurkan tahun lalu. Rida juga telah melaporkan kepada Menteri ESDM, Arifin Tasrif terkait program tersebut.

"Sesuai arahan Presiden Jokowi, mengingat pandemi belum mereda kemudian sebagai bentuk atau bagian dari program jaring sosial stimulus diperpanjang dari tahun lalu, minimum sampai triwulan pertama 2021," pungkas Rida.