Erick Thohir Klaim 93 Juta Jiwa Bakal Dapat Vaksin Covid-19 Gratis

Foto : istimewa

Pasardana.id - Pemerintah akan memberikan vaksin Covid-19 gratis kepada 93 juta masyarakat melalui imunisasi massal yang akan dilakukan pada tahun 2021.

Menteri BUMN, Erick Thohir menyebutkan, pemberian bantuan vaksin covid-19 dari pemerintah akan menggunakan data dari BPJS Kesehatan.

"Ada vaksin yang memang bantuan dari pemerintah melalui data BPJS Kesehatan, yang memang ada 93 juta orang yang sangat memerlukan," kata Erick dalam konferensi pers virtual, Rabu, (2/9/2020).

Erick yang juga merupakan Ketua Pelaksana Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tak menampik penyaluran vaksin covid-19 nantinya menggunakan dua skema yaitu berbayar dan bantuan dari pemerintah.

"Kita harapkan juga, vaksin ini ada dua tipe. Ada vaksin yang memang bantuan dari pemerintah melalui data BPJS Kesehatan, yang memang ada 93 juta orang yang sangat memerlukan. Juga nanti ada yang berbayar," ujar Erick.

Lebih lanjut, mantan Bos Klub Inter Milan ini kembali menegaskan, bahwa penyaluran vaksin covid-19 berbayar hanya untuk mengurangi beban APBN pemerintah.

Selain itu, tambah Erick, vaksin berbayar ini juga dikhusukan untuk rakyat yang mampu.

"Program yang mandiri juga kita libatkan, karena kita tahu banyak juga pihak-pihak yang mampu membeli. Kita harapkan jangan salah sasaran seperti subsidi BBM yang dinikmati juga oleh kalangan yang tidak pantas menerima BBM itu," tutupnya.