Pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang 8 Ditutup Hari Ini

Foto : istimewa

Pasardana.id - Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja akan menutup pendaftaran gelombang 8. Penutupan dilakukan Senin (14/9/2020) pukul 12.00 WIB.

Head of Communication Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu mengatakan, jelang penutupan program kartu prakerja sudah ada pendaftar sebanyak 4 juta orang pada gelombang 8 ini.

"Sampai siang ini sudah ada lebih dari 4 juta pendaftar. Kuota gelombang 8 adalah 800.000," ujar Louisa dalam keterangannya, Minggu (13/9/2020).

Louisa menambahkan, untuk yang mencoba mendaftar tetapi gagal, pastikan nomor NIK dan KK sudah dimasukkan dengan benar. Jika masih gagal, hubungi call center Dukcapil di Nomor 1500-538 atau datang ke kantor Dukcapil terdekat. 

"Pastikan juga nomor handphone aktif dan sudah melakukan eKYC untuk e-wallet yang dipilih," katanya.

Sebelumnya, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 7 dibuka dengan kuota 800.000 peserta. Jumlah tersebut tidak jauh berbeda dengan pendaftaran gelombang sebelumnya.

Sementara itu, seperti diberitakan sebelumnya bahwa pemerintah telah menganggarkan Rp 20 triliun untuk program Kartu Prakerja.

Peserta akan menerima manfaat total Rp 3.550.000. Rinciannya, insentif biaya bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta yang tidak bisa dicairkan (hanya untuk pelatihan).

Ada pula insentif penuntasan pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan (jika sudah menyelesaikan pelatihan), dan insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 150.000.

Dana tersebut nantinya akan diterima peserta bertahap dari sebelum hingga pelatihan kerja selesai dilakukan.