ANALIS MARKET (06/8/2020) : Pasar Diperkirakan Positif Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian Samuel Aset Manajemen (SAM) menyebutkan, beragam sentiment berikut ini, menjadi sorotan pelaku pasar diperdagangan hari ini, Kamis (06/8), antara lain;

1.Menteri Keuangan Amerika Serikat, Steven Mnuchin mengatakan, Gedung Putih dan anggota Kongres dari Partai Demokrat menargetkan kesepakatan mengenai paket kebijakan terbaru dapat dihasilkan pada akhir pekan ini. Mnuchin mengemukakan bahwa kedua belah pihak sedang dalam proses untuk menyepakati jadwal penyelesaian paket kebijakan. Pemimpin Demokrat di Senat, Senator Chuck Schumer mengatakan, terjadi perkembangan yang cukup baik ditandai dengan adanya kompromi antara kedua belah pihak.

2.Sebagaimana yang telah diperkirakan pasar, ekonomi Indonesia pada triwulan II-2020 mengalami kontraksi / pertumbuhan negatif sebesar 5,32% secara tahunan, atau secara tahun berjalan mengalami kontraksi 1,26% dibandingkan dengan semester I-2019. Menurut lapangan usaha, tercatat sektor pertanian, informasi dan komunikasi, serta pengadaan air masih membukukan kinerja positif, sementara lapangan usaha lainnya tercatat negatif.

3.Pemerintah menambah potongan Pajak Penghasilan (PPh) pasal 25 dari semula 30% menjadi 50%. Pemerintah menganggarkan insentif pajak dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp 120,6 triliun. Dari jumlah itu, anggaran diskon PPh Pasal 25 sebesar Rp 14,4 triliun.

4.Kamis (06/8) pagi ini, Nikkei 225 dan Kospi tercatat menguat masing-masing 0,2% dan 1,5%. Sebelumnya (05/8), Indeks futures di Amerika Serikat tercatat naik. Dow Jones, S&P 500, dan Nasdaq tercatat menguat masing-masing 0,3%, 0,3%, dan 0,2%.

“Menyikapi beragam kondisi tersebut diatas, pasar diperkirakan positif hari ini,” sebut analis SAM dalam riset yang dirilis Kamis (06/8/20200.

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik, serta seoptimal mungkin untuk melakukan aktivitas dari rumah. Semoga kita berhasil.