Harga Minyak Dunia Naik Dipicu Harapan Stimulus

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia naik pada Selasa (4/8/2020) dipicu harapan peluncuran paket stimulus oleh pemerintah Amerika Serikat.

Seperti dilansir Reuters, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman September 2020 naik 69 sen, atau sekitar 1,7 persen, menjadi US$41,70 per barel yang merupakan harga tertinggi sejak 21 Juli lalu di New York Mercantile Exchange.

Harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Oktober 2020 meningkat 28 sen, atau sekitar 0,6 persen, menjadi US$44,43 per barel yang merupakan harga tertinggi sejak 6 Maret lalu di London ICE Futures Exchange.

Menurut anggota senat AS dari Partai Demokrat, negosiasi antara anggota kongres Demokrat dan Gedung Putih terkait paket stimulus telah berlangsung dengan positif. Paket stimulus diharapkan dapat mendukung pemulihan kondisi perekonomian AS yang sempat terpuruk akibat pandemi virus Corona (COVID-19).

Selain optimisme yang muncul dari perkembangan positif negosiasi paket stimulus, harga minyak dunia juga terdongkrak data terbaru yang menunjukkan membaiknya aktivitas manufaktur di AS dan Tiongkok.