ANALIS MARKET (04/8/2020) : Pasar Diperkirakan Positif Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian Samuel Aset Manajemen (SAM) menyebutkan, beragam sentiment menjadi sorotan pelaku pasar diperdagangan hari ini, Selasa (04/8), antara lain;

1.Saham perusahaan teknologi di Amerika Serikat tercatat melonjak tajam setelah pengumuman rencana akuisisi TikTok Amerika Serikat, platform media sosial asal Tiongkok, oleh Microsoft.  Beberapa perusahaan sejenis seperti Google, Microsoft, dan Varian Medical Systems, tercatat menguat tajam setelah berita akuisisi beberapa unit bisnis.

2.Berdasarkan data dari Purchasing Managers Index (PMI) Manufaktur Indonesia dari IHS Markit, indeks manufaktur Indonesia berada di level 46,9 pada bulan Juli 2020. Indeks yang tercatat pada Juli 2020 ini naik 7,8 poin dari indeks pada bulan Juni 2020 yang berada di level 39,1. Meski meningkat dari bulan sebelumnya, namun angka tersebut masih di bawah level ekspansif yakni 50,0. Angka ini menunjukkan, kegiatan manufaktur pada bulan Juli 2020 masih melemah dibandingkan Juni 2020, walaupun pelemahannya tidak sedalam pada bulan Juni. IHSMarkit menerangkan, walaupun data PMI ini menunjukkan perkembangan yang cukup positif, namun tantangan ke depan di fasilitas manufaktur, seperti kewajiban jaga jarak, protokol kesehatan, serta permintaan yang masih lemah, tetap masih menjadi faktor-faktor yang perlu diwaspadai. Perkembangan data PMI ini dapat menjadi salah satu ukuran untuk memperkirakan pertumbuhan ekonomi triwulan III-2020 yang baru akan diumumkan pada 5 November nanti. Adapun pertumbuhan ekonomi triwulan II-2020 akan diumumkan besok.

3.Diperdagangan Selasa (04/8) pagi ini, Nikkei 225 dan Kospi tercatat menguat masing-masing 1,5% dan 1,4%. Semalam (03/8), Indeks futures di Amerika Serikat tercatat naik. Dow Jones, S&P 500, dan Nasdaq tercatat menguat masing-masing 0,03%, 0,03%, dan 0,01%.

“Menyikapi beragam kondisi tersebut diatas, pasar diperkirakan positif hari ini,” sebut analis SAM dalam riset yang dirilis Selasa (04/8/2020).

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik, serta seoptimal mungkin untuk melakukan aktivitas dari rumah. Semoga kita berhasil.