Bank Mandiri dan Bukalapak Kembangkan Bisnis UMKM

foto: istimewa

Pasardana.id PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) menggandeng Bukalapak untuk mempromosikan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan.

Langkah ini bertujuan untuk mengembangkan bisnis UMKM sekaligus mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Corporate Secretary Bank Mandiri, Rully Setiawan mengungkapkan, inisiatif ini merupakan bentuk pendampingan Bank Mandiri kepada UMKM mitra binaan.

Saat ini, masyarakat dapat membeli produk dari 400 UMKM berupa kuliner, fesyen dan handicraft atau seni kerajinan tangan di halaman khusus Promo UMKM Bank Mandiri pada Bukalapak.

“Sinergi ini juga untuk mendukung kampanye 'Bangga Buatan Indonesia' untuk memajukan UMKM sekaligus membangun kemandirian ekonomi Indonesia,” kata Rully, Kamis (13/8/2020).

Lewat kerjasama ini, lanjut Rully, Bukalapak juga bakal membuka kelas-kelas pelatihan dan pengembangan secara online bagi UMKM binaan Bank Mandiri.

Adapun tema pelatihan antara lain; mengenai cara membuat dan mengelola akun penjual di platform e-commerce, serta teknik pemasaran digital lain, termasuk pemanfaatan teknik-teknik fotografi agar display produk lebih menarik.

“Nah, untuk mengoptimalisasi nilai tambah bagi UMKM, kami juga memiliki program pesta diskon untuk transaksi pembayaran menggunakan Mandiri kartu debit dan Mandiri kartu kredit hingga sebesar 75%. Kami berharap, kesempatan ini bisa dioptimalkan masyarakat untuk mendapatkan produk-produk menarik hasil kreasi mitra binaan Mandiri,” kata Rully.

Selain pembinaan lewat program pemasaran ini, Rully menambahkan, pihaknya juga akan merintis kolaborasi sinergis dengan pihak lain, terutama perusahaan BUMN untuk mengembangkan UMKM secara komprehensif agar memiliki keunggulan produk dan dan berdaya saing tinggi.