ANALIS MARKET (13/8/2020) : Pasar Diperkirakan Bergerak Mixed Cenderung Positif Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian Samuel Aset Manajemen (SAM) menyebutkan, beragam sentiment berikut ini menjadi sorotan para pelaku pasar diperdagangan hari ini, Kamis (13/8), antara lain;

1.Harga yang dibayar konsumen di AS untuk berbagai hal naik jauh lebih cepat dari yang diharapkan pada Juli, menandakan permintaan kembali muncul setelah turun tajam selama puncak pandemi virus korona. Indeks harga konsumen melonjak 0,6% yang disesuaikan secara musiman bulan lalu dari Juni, Departemen Tenaga Kerja mengatakan, dua kali lipat dari perkiraan ekonom yang disurvei oleh FactSet. Kenaikan harga energi mengimbangi penurunan harga pangan, tetapi bahkan dengan mengabaikan dua kategori yang lebih volatil tersebut masih membuat harga konsumen inti naik 0,6%. Ekonom sebelumnya memperkirakan kenaikan 0,4% dalam CPI inti. Itu adalah kenaikan CPI inti bulanan tercepat sejak 1991.

2.Dari dalam negeri, Pemerintah dan DPR terus mengejar target penyelesaian perdebatan RUU Cipta Kerja. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengklaim pemerintah telah mengantongi kesepakatan dengan pengusaha dan asosiasi pekerja. Ia mengklaim pembahasan RUU sudah mencapai lebih dari 75 persen.

3.Dow Futures terlihat menguat 0,1%, S%P Futures terlihat datar.

“Menyikapi beragam kondisi tersebut diatas, pasar diperkirakan bergerak mixed cenderung positif hari ini,” sebut analis SAM dalam riset yang dirilis Kamis (13/8/2020).

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik, serta seoptimal mungkin untuk melakukan aktivitas dari rumah. Semoga kita berhasil.