ANALIS MARKET (10/8/2020) : Pasar Diperkirakan Mixed Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian Samuel Aset Manajemen (SAM) menyebutkan, beberapa sentiment yang berpotensi jadi katalis pergerakan indeks hari ini, Senin (10/8), antara lain;

1.Akhir pekan (07/8) kemarin, Presiden AS Donald Trump menandatangani perintah eksekutif untuk menambah stimulus bagi warga AS yang terdampak pandemi Covid-19. Di antara stimulus tambahan itu adalah tunjangan pengangguran senilai US$400 per bulan serta penangguhan pajak penghasilan. Pada waktu yang sama, Pemerintah AS juga berencana untuk mengenakan sanksi tambahan bagi 11 pejabat Tiongkok, termasuk Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam, berupa pembekuan dan pemblokiran aset-aset mereka di AS, seiring dengan ketegangan antara AS-Tiongkok.

2.Hari ini, Senin (10/8), Pemerintah akan mencairkan gaji ke-13 bagi aparatur sipil negara (ASN). Aturan pemberian gaji ke-13 tertuang dalam Peraturan Pemerintah No 44/2020 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, Tunjangan atau Penghasilan Ketiga Belas Tahun 2020 kepada Pegawai Negeri Sipil, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pegawai Non-PNS, dan Penerima Pensiun atau Tunjangan, yang telah ditandatangani Presiden Jokowi pada Jumat kemarin. besaran gaji ketiga belas yang akan dicairkan bulan ini diberikan paling banyak sebesar penghasilan pada bulan Juli. Sementara itu, bagi calon pegawai negeri sipil (CPNS) besaran gaji ketiga belas yang akan diterima meliputi 80 persen dari gaji pokok PNS, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum. Total anggaran yang disiapkan senilai Rp28,5 triliun yang sumber dananya terdiri atas APBN senilai Rp14,6 triliun dan APBD senilai Rp13,89 triliun.

3.Diperdagangan Senin (10/8) pagi ini, Nikkei 225 tercatat melemah 0,4%, sementara Kospi menguat 0,6%. Indeks futures di Amerika Serikat tercatat naik. Dow Jones, S&P 500, dan Nasdaq tercatat melemah masing-masing 0,1%, 0,1%, dan 0,2%.

“Menyikapi beragam kondisi tersebut diatas, pasar diperkirakan mixed hari ini,” sebut analis SAM dalam riset yang dirilis Senin (10/8/2020).

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik, serta seoptimal mungkin untuk melakukan aktivitas dari rumah. Semoga kita berhasil.