ANALIS MARKET (08/7/2020) : Pasar Diperkirakan Melemah Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian Samuel Aset Manajemen (SAM) menyebutkan, beragam sentiment menjadi sorotan pelaku pasar diperdagangan hari ini, Rabu (08/7), antara lain;

1.Ketegangan antara Amerika Serikat dan Tiongkok kembali meningkat setelah munculnya gagasan dari tim penasihat Presiden AS, Donald Trump untuk mempersulit operasi moneter Hong Kong yang mata uangnya dipertukarkan dengan dolar AS dengan nilai tukar tetap (pegging). Di samping itu, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengumumkan keputusan Presiden Trump yang bermaksud untuk menarik keanggotaan AS dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) terhitung mulai Juli 2020. Dalam surat yang disampaikan Trump kepada PBB, dirinya mengatakan bahwa WHO berat sebelah dan menjadi “boneka bagi kepentingan Tiongkok”.

2.Direktur Eksekutif Keadaan Darurat WHO, Dr. Mike Ryan mengatakan, bukanlah sesuatu yang mengejutkan jika dalam beberapa waktu ke depan terjadi lonjakan jumlah kasus dan kematian akibat Covid-19. Dr. Ryan mengatakan, pihaknya saat ini cukup was-was dengan perkembangan kasus di Amerika Utara (kecuali Kanada) dan Amerika Latin. Jumlah kasus positif di Amerika Serikat saat ini telah mencapai 3 juta kasus, sementara Amerika Latin menyumbang 50% jumlah kematian akibat Covid-19.

3.Direktorat Jenderal Pajak (DJP) secara resmi telah memberlakukan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) bagi produk digital. DJP telah menunjuk Amazon, Google, Netflix, dan Spotify untuk menjadi pemungut PPN terhitung mulai tanggal 1 Agustus 2020.

4.Diperdagangan Rabu (08/7) pagi ini, Nikkei 225 dan Kospi tercatat melemah masing-masing 0,3% dan 0,1%. Indeks futures di Amerika Serikat tercatat naik. Dow Jones, S&P 500, dan Nasdaq tercatat menguat masing-masing 0,3%.

“Menyikapi beragam kondisi tersebut diatas, pasar diperkirakan melemah hari ini,” sebut analis SAM dalam riset yang dirilis Rabu (08/7/2020).

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik, serta seoptimal mungkin untuk melakukan aktivitas dari rumah. Semoga kita berhasil.