ANALIS MARKET (30/7/2020) : Pasar Diperkirakan Mixed Cenderung Positif Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian Samuel Aset Manajemen (SAM) menyebutkan, beragam sentiment menjadi sorotan pelaku pasar diperdagangan hari ini, Kamis (30/7), antara lain;

1.Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) mempertahankan suku bunga acuan pada level mendekati 0%, seiring dengan perkiraan bahwa ekonomi AS masih akan lesu dalam beberapa waktu ke depan. FOMC, komite yang menetapkan kebijakan moneter, menyatakan komitmennya untuk tetap melakukan suntikan likuiditas dan pembelian surat-surat utang. Dikutip dari CNBC, Ketua The Fed Jerome Powell mengatakan, pemulihan ekonomi sepenuhnya bergantung pada pola penyebaran virus korona. Selain mempertahankan suku bunga, FOMC juga memperpanjang fasilitas repo dan swap kepada bank-bank sentral negara lain serta pihak yang memerlukan sampai dengan 31 Maret 2021.

2.Pemerintah memberi sinyal akan memberikan subsidi bunga kredit pemilikan rumah (KPR) dalam rangka menggairahkan lagi sektor perumahan di tengah pandemi covid-19 saat ini.  Dikutip dari CNBC Indonesia, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menjelaskan, stimulus subisidi bunga penjaminan bukan hanya kepada kredit modal kerja, tapi juga akan menyasar sektor perumahan. Sektor perumahan, menurut Suahasil akan mendapatkan subsidi bunga dalam rangka pemulihan ekonomi nasional (PEN). Adapun subsidi bunga akan diberikan untuk para debitur KPR bank dengan rumah tipe 21 sampai tipe 70.  Rencananya, Kementerian Keuangan akan bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan perbankan untuk mendata nasabah mana saja yang bisa mendapatkan subsidi.

3.Kamis (30/7) pagi ini, Nikkei 225 dan Kospi tercatat menguat masing-masing 0,2% dan 0,4%. Indeks futures di Amerika Serikat tercatat naik. Dow Jones, S&P 500, dan Nasdaq tercatat melemah masing-masing 0,1%, 0,1%, dan 0,03%

“Menyikapi beragam kondisi tersebut diatas, pasar diperkirakan mixed cenderung positif hari ini,” sebut analis SAM dalam riset yang dirilis Kamis (30/7/2020).

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik, serta seoptimal mungkin untuk melakukan aktivitas dari rumah. Semoga kita berhasil.