ANALIS MARKET (03/7/2020) : Pasar Diperkirakan Bergerak Menguat Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian Samuel Aset Manajemen (SAM) menyebutkan, beberapa sentiment menjadi sorotan pelaku pasar diperdagangan hari ini, Jumat (03/7), antara lain;

1.Bisnis di AS menambah 4,8 juta pekerja pada bulan Juni, menunjukkan bahwa tren mempekerjakan kembali berlanjut ketika ekonomi dibuka dan bisnis membawa kembali staf. Departemen Tenaga Kerja mengatakan Kamis bahwa tingkat pengangguran turun menjadi 11,1% bulan lalu dari 13,3% pada Mei. Peningkatan pekerja dan penurunan tingkat pengangguran jauh lebih baik dari yang diharapkan; ekonom yang disurvei oleh FactSet mengantisipasi kenaikan 3,1 juta dalam data pekerja dan tingkat pengangguran sebesar 12,5%.

2.Rencana BI untuk mendanai tagihan penanganan Covid-19 Indonesia senilai US$ 40 miliar menuai pro kontra. Resiko dari inisiatif tersebut adalah dapat membuat investor meragukan kredibilitas Indonesia. Hal itu dapat berpengaruh pada volatilitas nilai tukar. Persepsi akan potensi pertumbuhan supply mata uang berlebih dapat menjadi resiko bagi Rupiah.

3.Dow dan S&P Futures terlihat melemah tipis masing-masing 0,1%. Nikkei terlihat menguat 0,6%, Kospi menguat 0,3% pada Jumat (03/7) pagi ini.

“Menyikapi beragam kondisi tersebut diatas, pasar diperkirakan bergerak menguat hari ini,” sebut analis SAM dalam riset yang dirilis Jumat (03/7/2020). 

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik, serta seoptimal mungkin untuk melakukan aktivitas dari rumah. Semoga kita berhasil.