2030, Apple Bebas Karbon

foto: istimewa

Pasardana.id - Perusahaan teknologi Amerika Serikat Apple Inc pada Selasa (21/7/2020) mengumumkan target menjalankan seluruh bisnis dan rantai pasokan manufaktur secara bebas karbon mulai 2030. Perangkat-perangkat yang diproduksi Apple tidak akan memiliki dampak iklim pada saat itu.

Seperti dilansir BBC News, seluruh perusahaan yang menjadi pemasok Apple diwajibkan untuk 100 persen bebas karbon dalam menjalankan proses produksi dalam 10 tahun ke depan.

Langkah Apple mengikuti perusahaan teknologi AS lainnya, Microsoft, yang telah menjanjikan proses negatif karbon dalam produksinya pada 2030. Pada 2050, Microsoft optimis dapat mengenyahkan jumlah karbon yang sama dengan yang sebelumnya pernah dihasilkan dalam proses produksi.

Microsoft juga telah membentuk konsorsium dengan Nike, Starbucks, dan Mercedes-Benz untuk saling berbagi informasi terkait teknologi pengurangan karbon.

Perusahaan e-commerce Amazon.com menargetkan mencapai karbon netral pada 2040. Salah satu langkah yang dilakukan adalah menggunakan kendaraan ramah lingkungan dalam pengiriman barang.

Perusahaan teknologi Google berkomitmen untuk menggunakanan energi terbarukan dalam menjalankan pusat data.

Saham Apple yang terdaftar di Bursa Efek New York, AS, anjlok 1,38 persen pada Selasa.