Sambut New Normal, Pelindo I Optimalkan Layanan Online

Foto : istimewa

Pasardana.id - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 menyiapkan skenario the new normal (kenormalan baru) sesuai dengan surat edaran Menteri BUMN Nomor S-336/MBU/05/2020 tentang Antisipasi Skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara.

Direktur SDM Pelindo I, M Hamied Wijaya mengatakan, pihaknya akan mengoptimalkan layanan online untuk mendukung penerapan new normal. Pihaknya juga telah melakukan layanan operasional logistik 24 jam dalam tujuh hari dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sejak kapal akan bersandar di pelabuhan.

Selama itu Pelindo I juga telah menerapkan digitalisasi dalam sistem pelayanan jasa kepelabuhanan yang memudahkan para pengguna jasa untuk menggunakannya.

"Layanan digital ini sudah kita terapkan di seluruh lingkungan Pelindo 1 yang didesain khusus bagi para pengguna jasa yang dapat diakses secara mudah, aman, dan di mana saja," kata Hamied dalam keterangan tertulisnya, Rabu (3/6/2020).

Lebih lanjut Hamied menjelaskan, digitalisasi dalam sistem pelayanan jasa kepelabuhanan yang memudahkan para pengguna jasa untuk menggunakannya. Pengajuan pelayanan di lingkungan Pelindo I juga bisa menggunakan Indonesia Gateway Master Terminal (IGMT) yang dapat diakses melalui portal igateway.pelindo1.co.id untuk setiap cabang pelabuhannya dan Container Terminal Operating System (CTOS) di Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan baik untuk layanan domestik maupun internasional.

Selain itu, Hamied memastikam Pelindo I juga telah menerapkan sistem e-berthing di Pelabuhan Tanjungpinang.

"Ini yang digunakan untuk permintaan pelayanan tambatan kapal secara online yang diajukan oleh perusahaan pelayaran," tutur Hamied.

Dalam penerapan era normal baru, lanjut Hamied, Pelindo I akan mengoptimalkan lagi aspek teknologi yang ada diperseroan. Salah satunya penggunaan media web portal iProcura untuk berinteraksi kepada para penyedia barang dan jasa.

"Dengan the new normal ini diharapkan dapat menggerakkan kembali ekonomi nasional dan mendukung program-program strategis pemerintah," tandasnya.